Sabtu, 10 September 2016

PENGERTIAN FILSAFAT MENURUT PARA AHLI


Pengertian Filsafat


Filsafat adalah hal yang sering kita dnegar saat kita belajar mengenai ilmu-ilmu yang berkaitan dengan sosial. Berbicara mengenai filsafat, apakah kalian sudah mengetahui apa itu pengertian filsafat? Filsafat berasal dari kata dalam bahasa Yunani yakni Philosophia yang terdiri dari kata philo dan Sophia. Philo memiliki arti cinta atau suka dan Sophia memiliki arti hikmah, pengetahuan dan kearifan. Jika dilihat dari susunan kata tersebut, maka dapat dikatakan bahwa filsafat berarti cinta pada pengetahuan atau kebenaran.
Dari arti tersebut, maka dapat dikatakan bahwa orang yang berfilsafat adalah orang yang menyukai kebenaran.  Seorang filsuf (sebutan untuk orang yang berfilsafat) memiliki tujuan hidup untuk mencari segala pengetahuan yang belum terpecahkan. Filsafat tidak hanya dapat digunakan untuk menganalisis dan mempelajari berbagai fenomena dalam masyarakat melainkan juga fenomena alam bahkan ketuhanan.
Filsafat juga dapat diartikan sebagai suatu ilmu yang berusaha mencari sebab yang sedalam-dalamnya bagi segala sesuatu berdasarkan pikiran atau rasio. Atau filsafat juga diartikan sebagai suatu sikap seseorang yang sadar dan dewasa dalam memikirkan segala sesuatu secara mendalam dan ingin melihat dari segi yang luas dan menyeluruh dengan segala hubungan. 

Pengertian Filsafat Menurut Para Ahli

  • Menurut Aristoteles
Filsafat adalah ilmu (pengetahuan) yang meliputi kebenaran yang berisi ilmu metafisika, retorika, logika, etika, ekonomi, politik dan estetika (filsafat keindahan).
  • Menurut Immanuel Kant
Filsafat adalah ilmu (pengetahuan), yang merupakan dasar dari semua pengetahuan dalam meliput isu-isu epistemologi (filsafat pengetahuan) yang menjawab pertanyaan tentang apa yang dapat kita ketahui.
  • Menurut Al Farabi
Filsafat adalah ilmu (pengetahuan) tentang sifat bagaimana sifat sesungguhnya dari kebenaran.
  • Menurut Rene Descartes
Filsafat adalah kumpulan semua pengetahuan bahwa Allah, manusia dan alam menjadi pokok penyelidikan.
  • Menurut Plato
Filsafat adalah ilmu yang mencoba untuk mencapai pengetahuan tentang kebenaran yang sebenarnya.
  • Menurut Langeveld
Filsafat adalah berpikir tentang masalah final dan menentukan, yaitu masalah makna keadaan, Tuhan, kebebasan dan keabadian.

  • Menurut Hasbullah Bakry
Filsafat adalah ilmu yang meneliti secara mendalam tentang ketuhanan, manusia dan alam semesta untuk menghasilkan pengetahuan tentang bagaimana alam dapat dicapai sejauh pikiran manusia dan bagaimana perilaku manusia seharusnya setelah mencapai pengetahuan itu.
  • Menurut N. Driyarkara
Filsafat adalah refleksi yang mendalam tentang penyebab ‘di sana dan melakukan’, refleksi dari realitas (reality) jauh ke dalam ‘mengapa’ penghabisan itu.
  • Menurut Ir. Proedjawijatna
Filsafat adalah ilmu yang berusaha untuk menemukan penyebabnya deras untuk segala sesuatu dengan pikiran belaka.

  • Menurut Notonegoro
Filsafat menelaah hal-hal yg dijadikan objeknya dari sudut intinya yg mutlak, yg tetap tidak berubah , yg disebut hakekat.

  •            Menurut Driyakarya
Filsafat sebagai perenungan yg sedalam-dalamnya tentang sebab-sebabnya ada dan berbuat, perenungan tentang kenyataan yg sedalam-dalamnya sampai “mengapa yg penghabisan “.
  • Menurut Sidi Gazalba
Berfilsafat ialah mencari kebenaran dari kebenaran untuk kebenaran , tentang segala sesuatu yg di masalahkan, dengan berfikir radikal, sistematik dan universal.
  •  Menurut Harold H. Titus
Filsafat adalah sekumpulan sikap dan kepecayaan terhadap kehidupan dan alam yg biasanya diterima secara tidak kritis. Filsafat adalah suatu proses kritik atau pemikiran terhadap kepercayaan dan sikap yg dijunjung tinggi;

Daftar Pustaka
 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar