Minggu, 09 Oktober 2016

MANFAAT FILSAFAT PENDIDIKAN



pendidikan sangat terkait dengan aktivitas mula manusia yang tugas utamanya adalah membantu mengembangkan humanitas manusia untuk menjadi manusia yang berkepribadian mulia dan utama menurut karakteristikidealitas manusia yang didinginkan. hal ini sangat diperlukan mengigat manusia memiliki potensi-potensi dalam taraf kodrat human dignity (martabat manusia) yang memilki kesadaran diri dalam yang mendorong untuk merealisasikan berbagai potensinya, sehingga berkembang dengan baik menjadi self realization (realisasi diri) yang akan menetukan bagi petunjukan jati dirinya yang ideal, agar dapat berfungsi dan bermanfaat bagi kehidupannya secara individu maupun social kemasyarakat.
kualitas suatu masyarakat memiliki hunungan stategis dengan dunia pendidikan, utamanya dunia sekolahan, karena didalamnya ada upaya yang sungguh-sungguh tentang kependidikan untuk mempersiapkan generasi yang terampil dan memilki ilmu-ilmu  pengerahuan dengan dilandasi pada iman dan taqwa kepada Tuhan YME dalam konteksnya yang luas.
adapaun manfaat filsafat diantaranya sbagai berikut:
     Ø  bahwa sekolah cenderung akan  untuk mengupayakan perubahan-perubahan tingkah laku yang merupakan cerminan dari setiap individu yang bernaung dalam suatu masyarakat.
     Ø  pendidikan sekolah dapat dilihat sebagai manusia sejatinya yang disengaja, terarah, dan terata sedemikian  rupa untuk menuju pembentukan manusia-manusia yang ideal bagi kehidupan dan penyempurnaanya.
     Ø  pendidikan dan nilai nilai yang dianut sebagai suatu landasan  berfikir dan berbuat dalam tatanan hidup suatu masyarakat. slanedangkan untuk pendidik dan anak didik sebagai subyek-subyek yang terlihat langsung dalam pelaksanaan pendidikan.
      Ø  hakikat pengetahuan dan nilai sebagai aspek penting yang dikembangkan dalam aktivitas pendidikan.
      Ø  hakikat kurikulum sebagai tahapan-tahapan yang akan dilalui dalam proses kependidikan menuju peraihan tujuan.
     Ø  hakikat meode dan strategi  pembelajaran yang memungkinkan penumbuhkembangan potensi subyek didik.
    Ø  alternative-alternatif yang mungkin dilalui dalam pengembangan sumber daya manusia baik menyagkut prinsip-prinsip, metode maupun alat-alat pendukung peraihan tujuan.
     Ø  ketrkaitan dunia dengan lembaga-lembaga lain dalam lingkup masyarakat, seperti pendidikan dan dunia politik, pendidikan dan system pemerintahan, pendidikan, tata hokum dan adat dalam masyarakat
     Ø  keterkaitan dunia kependidikan dengan perubahan-perubahan taraf hidup dalam masyarakat
  Ø  aliran-aliran filsafat yang tumbuh dan berkembang dalam memecahkan berbagai ragam problem kependidikan
    Ø  keterkaitan pendidikan sebagai suatu lembaga dengan ideology yang dianut dan yang berkembang dalam suatu masyarakat.
            filsafat pendidikan diharapkakn dapat mencapai kompetensi sebagai berikut:
      ·         menghargai kedudukana akal pikiran manusia
      ·         filsafat merupakan sumber perenungan yanga dalam dan kontinou
      ·         menyakini hasil pikiran sebagai sumber kebenaran
      ·         pemikiran sebebas bebasnya
      ·         pemikiran rasional, kritis
      ·         tidak dibelenggu oleh idiologi, kepercayaan/agama
      ·         mewaspadai atau menolak gagasan kebenaran absolute
      ·         kontruktivisme bebas dalam berpikir
      ·         rekontruksi konsep dan teori
      ·         merespon adanya krisis ilmu
      ·         menumbuhkembangkan moralitas ilmu pengetahuan
      ·         pengetahuan filsafat bersifat abstrak
      ·         filsafat memilki konsep dan teori-teori filosofis tentang segala sesuatu
      ·         filsafat memiliki paradigm dan metode-metode tersendiri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar