Pengertian Aliran Filsafat Progresivisme
Filsafat
pendidikan modern pada garis besarnya dibagi kepada empat aliran yaitu aliran
progresivisme, esensialisme, perenialisme dan rekonstruksianisme (Imam
Barnadib, 1982, Mohammad Noor Syam, 1986). Namun pada tulisan ini hanya
penggambaran singkat
yakni
penggambaran hal-hal tentangaliran filsafat pendidikan progresivisme.
Progresivisme
berkembangan dalam permulaan abad 20 terutama di Amerika Serikat.Progresivisme
lahir sebagai pembaharuan dalam dunia (filsafat) pendidikan terutama sebagai
lawan terhadap kebijaksanaan-kebijaksanaan konvensional yang diwarisi dari abad
kesembilan belas.
Progresivisme
adalah gerakan pendidikan yang mengutamakan penyelenggaraan pendidikan di
sekolah berpusat pada anak (child-centered).Sebagai reaksi terhadap pelaksanan
pendidikan yang berpusat pada guru (teacher-centered) atau bahan pelajaran
(subject-centered).
Progresivisme
merupakan salah satu aliran filsafat pendidikan yang berkembang dengan pesat
pada permulaan abad ke-20 dan sangat berpengaruh dalam pembaharuan pendidikan
yang didorong oleh aliran naturalisme dan experimentalisme, instrumentalisme,
evironmentalisme dan pragmatisme sehingga penyebutan nama progressivisme sering
disebut salah satu dari nama-nama aliran tadi.
Aliran
progresivisme memandang kehidupan manusia berkembang terus menerus dalam suatu
arah yang positif.Apa yang dipandang benar sekarang belum tentu benar pada masa
yang akan datang. Progresivisme dalam pandangannya selalu berhubungan dengan
pengertian “the liberal road to cultural” yakni liberal dimaksudkan sebagai
fleksibel (lentur dan tidak kaku), toleran dan bersikap terbuka, serta ingin
mengetahui dan menyelidiki demi pengembangan pengalaman.Progressivisme disebut
sebagai naturalisme yang mempunyai pandangan bahwa kenyataan yang sebenarnya
adalah alam semesta ini (bukan kenyataan spiritual dari supernatural). Oleh
sebab itu akan dikaji lebih jauh bagaimana dasar konsep progressivisme yang
terus berkembang, yang mana hasil tersebut akan menjadi bahan acuan
pembaharuan-pembaharuan pendidikan dalam setiap bidangnya.
Progresivisme
bukan merupakan suatu bangunan filsafat atau aliran filsafat yang berdiri
sendiri, melainkan merupakan suatu gerakan dan perkumpulan yang didirikan pada
tahun 1918.Selama dua puluh tahunan merupakan suatu gerakan yang kuat di
Amerika Serikat.Banyak guru yang ragu-ragu terhadap gerakan ini, karena guru
telah mempelajari dan memahami filsafat Dewey, sebagai reaksi terhadap filsafat
lainnya.Kaum progresif sendiri mengkritik filsafat Dewey.Perubahan masyarakat
yang dilontarkan oleh Dewey adalah perubahan secara evolusi, sedangkan kaum
progresif mengharapkan perubahan yang sangat cepat, agar lebih cepat mencapai
tujuan.
sitasinya min????
BalasHapus