Senin, 05 Desember 2016

FILSAFAT PENDIDIKAN DAN ILMU PENDIDIKAN

Filsafat pendidikan adalah suatu aktivitas yang teratur yang menjadikan filsafat itu sebagai jalan mengatur, menyelaraskan, dan memadukan proses pendidikan.
Filsafat pendidikan juga dapat diartikan sebagai upaya mengembangkan potensi-potensi manusiawi peserta didik, baik potensi fisik, potensi cipta, rasa, maupun karsanya, agar potensi itu menjadi nyata dan bermanfaat dalam hidupnya.
Filsafat pendidikan adalah suatu sistem yang mengatur dan menentukan teori dan praktik pelaksanaan pendidikan yang berdiri di atas landasan dan dijiwai oleh filsafat hidup bangsa “Pancasila” yang diabdikan demi kepentingan bangsa dan negara Indonesia dalam usaha merealisasikan cita-cita bangsa dan negara Indonesia.
Latar belakang munculnya filsafat pendidikan adalah sebagai berikut.
            1) Ajaran filsafat yang komprehensif telah menempati status yang tinggi dalam kehidupan kebudayaan manusia, yakni sebagai ideologi suatu bangsa dan negara.
            2) Tujuan berfilsafat adalah membina manusia mempunyai akhlak yang tertinggi.
            3) Eksistensi suatu bangsa adalah eksistensi ideologi dan filsafat hidupnya, maka demi mewariskan eksistensi tersebut jalan yang efektif adalah melalui pendidikan.
4) Pendidikan secara fundamental didasarkan atas asas-asas filosofis dan ilmiah untuk menjamin tujuan pendidikan yaitu meningkatkan perkembangan sosial budaya bahkan martabat bangsa, kewibawaan, dan kejayaan negara.
Tujuan filsafat pendidikan diantaranya sebagai berikut.
            1) Memberikan landasan sekaligus mengarahkan kepada proses pelaksanaan pendidikan.
2) Membantu memperjelas tujuan-tujuan pendidikan.
3) Melaksanakan kritik dan koreksi terhadap proses pelaksanaan tersebut.
4) Melaksanakan evaluasi terhadap metode dan proses pendidikan.
Interaksi antara ilmu dan filsafat mengandung arti bahwa filsafat dewasa ini tidak akan berkembang dengan baik jika terpisah dengan ilmu, dan ilmu tidak dapat berkembang dengan baik tanpa kritik dari filsafat.

Filsafat pendidikan merupakan aplikasi filsafat dalam pendidikan. Pendidikan membutuhkan filsafat karena masalah-masalah pendidikan tidak hanya menyangkut pelaksanaan pendidikan yang dibatasi pengalaman, tetapi masalah-masalah yang lebih luas, lebih dalam, dan lebih kompleks yang tidak dibatasi pengalaman maupun fakta-fakta pendidikan, dan tidak memungkinkan dapat dijangkau oleh sains pendidikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar