Jumat, 30 Desember 2016

Mengapa Rambut Menjadi Putih


Mengapa Rambut Menjadi Putih
Rambut semasa muda kita berwarna hitam gelap namun semua berubah warna menjadi putih dan abu-abu ketika kita tua sering disebut dengan rambut uban. Lalu, mengapa rambut kita beruban?
Rambut adalah bagian dari diri manusia yang dapat memperindah tampilan, tapi ketika usia bertambah warna rambut pun semakin berubah. Rambut menjadi abu-abu atau putih biasa disebut dengan rambut ubanrambut uban adalah hasil dari kurang melanin dalam keratin yang ada pada rambut.
Keratin adalah sel-sel protein yang membentuk rambut kita. Semakin rambut seseorang menjadi warna abu-abu itu menandakan bahwa Ia kekurangan melanin pada rambutnya. Kebanyakan orang berpikir bahwa rambut beruban adalah proses alami yang terjadi pada saat kita menjadi tua. Seperti yang kita ketahui ketika bertambah tua melanosit menjadi tidak aktif, namun melanosit tetap ada hanya saja tidak lagi memproduksi melanin.
Semakin tua jumlah melanosit semakin menurun, hal ini menyebabnya kurangnya melanin dan lama kelamaan rambut kita menjadi abu-abu dan memutih. Pada bulan Februari 2005, para ilmuwan Harvard mengusulkan teori mengapa melanosit menurun seiring dengan bertambahnya usia. Mereka menemukan bahwa kegagalan melanosit sel induk adalah penyebabnya. Sel-sel induk ini berhenti memproduksi jumlah yang memadai melanosit untuk mempertahankan warna rambut.
Pada tahun 2009 ilmuwan Eropa menemukan faktor lain, mereka menemukan bahwa folikel rambut memproduksi hidrogen peroksida dalam jumlah kecil. Sebagaimana yang kita tahu, jika kita menggunakan hidrogen peroksida pada rambut kita itu akan membuat rambut kita lebih ringan. Hidrogen peroksida dipecah oleh enzim katalase. Semakin kita bertambah usia produksi katalase semakin berkurang, hasilnya adalah munculnya hidrogen peroksida yang bisa mengahmbat melanin memproduksi melanosit.
Hal lainnya yang bisa menyebabkan rambut berubah menjadi beruban seperti cacat genetik, produksi hormon yang abnormal seperti stress mendadak atau kronis, distribusi melanin pada tubuh yang tidak normal dan juga faktor iklim bisa menyebabkan rambut kita beruban, seperti polusi, racun dan paparan bahan kimia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar