Jumat, 30 Desember 2016

MENGAPA PELANGI BERBENTUK SETENGAH LINGKARAN?


MENGAPA PELANGI BERBENTUK SETENGAH LINGKARAN?
       Tahukah anda, mengapa bentuk pelangi melengkung? Mengapa bentuknya tidak bulat atau persegi atau segitiga atau bentuk lainya? Mari kita ulas sedikit tentang proses terbentuknya pelangi yang indah itu. Pelangi merupakan salah satu pemandangan indah yang jarang kita lihat. Jika kita lihat, bentuk pelangi seperti busur di langit biru yang muncul karena pembiasaan dari sinar matahasi ketika hujan kira-kira di mana ya pelangi bisa terlihat? Biasanya pelangi bisa dilihat di daerah pegunungan atau ketika mendunga atau ketika hujan baru berhenti turun atau juga bisa kita lihat di air terjun.

       Pelangi merupakan satu-satunya gelombang elektromagnetik yang dapat kita lihat. Ia terdiri dari ebberapa spektru, warna. Apakah anda bisa menyebutkan warna aoa sajakah yang bisa kita lihat pada pelangi terebut? Dan sebenarnya ada warna-warna lain yang tidak dapat kita lihat langsung dengan mata. Warna merah memiliki panjang gelombang paling besar. Sedangkan violet memiliki panjang gelombang terkecil. Bagaimana pelangi terbentuk? Coba kita maati ketika sinar matahari mengenai cermin siku-siku atau tepi prisma gelas, atau permukaan buih sabun, kita melihat berbagai warna dalam cahaya.

Apa yang terjadi adalah cahaya putih dibiaskan menjadi berbagai panjang gelombang cahaya yang terlihat oleh mata kita sebagai warna merah, jingga, kuning, hijau, biru dan ungu. Panjang gelombang cahaya ini membentuk pita garis-garis parallel, tiap warna bernuansa dengan warna di sebelahnya. Pita ini disebut “spectrum”. Di dalam spectrum, garis merah selalu berada salah satu ujung dan biru serta ungu di didi lain, dan ini ditentukan oleh perbedaan panjang gelombang. Ketika kita melihat pelangi, sama saja dengan kita melihat spectrum. Bahkan, pelangi adalah spectrum melengkung besar yang disebabkan oleh pembiasan cahaya matahari.

       Untuk melihat pelangi yang indah terapat berbagai syaratnya loooh. Syarat yang pertama ialah kita harus membelakangi sumber cahaya saat melihat pelangi. Dalam hal ini, sumber cahaya yang dimaksud ialah matahari. Syarat kedua ialah, penyebab pelangi melengkung itu kita harus melihat pelangi dari sudut sekita 40º, selain dari sudut ini pelangi tidak akan terlihat dengan baik. Oleh karena itu, pelangi terlihat melengkung di langit luas, bukan semata-mata karena memang dia tercipta melengkung tetapu karena sudut pandang kita dan kemampuan bola mata kita lah yang membuatna terlihat berbentuk melengkung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar