Perbedaan
Esensial Kurikulum 2013 dengan KTSP 2006 di SD
KTSP 2006
|
Kurikulum 2013
|
Status
|
Mata pelajaran tertentu mendukung kompetensi
tertentu
|
Tiap mata pelajaran mendukung semua
kompetensi (sikap, pengetahuan, keterampilan)
|
Benarnya
|
Mata pelajaran dirancang bediri
sendiri dan memiliki kompetensi dasar sendiri
|
Mata pelajaran dirancang terkait satu
dengan yang lain dan memiliki kompetensi dasar yang diikat dengan kompetensi
inti tiap kelas
|
Benarnya
|
Bahasa Indonesia sejajar dengan mata
pelajaran lain
|
Bahasa Indonesia sebagai penghela mata
pelajaran lain (sikap dan keterampilan berbahasa)
|
Idealnya
|
Tiap mata pelajaran diajarkan dengan
pendekatan berbeda
|
Semua mata pelajaran diajarkan dengan
pendekatan yang sama (saintifik) melalui mengamati, menanya, mencoba,
menalar,…
|
Idealnya
|
Tiap jenis konten pembelajaran
diajarkan terpisah (separated curriculum)
|
Bermacam jenis konten mata pelajaran
diajarkan terkait dan terpadu satu sama lain (cross surriculum atau
integrated curriculum)
|
Baiknya
|
|
Konten ilmu pengetahuan di
integrasikan dan dijadikan penggerak konten pembelajaran lainnya.
|
|
Tematik untuk kelas -III (belum
integrative)
|
Tematik integrative untuk kelas I-VI
|
Baiknya
|
Dapus: Mulyasa. 2015. Implementasi
Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar