Minggu, 04 Desember 2016

Hubungan Saling Ketergantungan Antara Komponen-komponen Ekosistem




a)   Pengertian Ekosistem
Ekosistem adalah suatu kesatuan lingkungan hidup dan tempat berlangsungnya hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungannya.
b)   Komponen-komponen Ekosistem
1)   Lingkungan Biotik
Biotik adalah makhluk hidup. Lingkungan biotik suatu makhluk hidup adalah seluruh makhluk hidup, baik dari spesiesnya sendiri maupun dari spesies berbeda yang hidup di tempat yang sama. Komponen biotik terdiri dari:
·      Produsen
Produsen atau penghasil adalah organisme yang dapat menghasilkan dan membuat makanannya sendiri (autotrof), contohnya padi.
·      Konsumen
Konsumen atau pemakai adalah organisme yang tidak dapat menghasilkan dan membuat makanan sendiri. Berdasarkan jenis makanannya, konsumen dibedakan menjadi tiga macam yaitu:
-       Herbivora (konsumen tingkat I), yaitu makhluk hidup yang makan tumbuh-tumbuhan. Contoh: belalang, tikus, kambing, kelinci, dan sapi.
-       Karnivora (konsumen tingkat II), yaitu makhluk hidup yang suka makan daging hewan lainnya. Contoh: harimau, ular dan singa.
-       Omnivora (konsumen tingkat III), yaitu makhluk hidup yang suka makan tumbuh-tumbuhan dan daging hewan lainnya. Contoh: manusia dan beruang.
·      Pengurai
Pengurai atau dekomposer merupakan jasad renik atau mikroorganisme yang menguraikan sisa-sisa makhluk hidup yang telah mati dan membusuk, contoh pengurai: bakteri dan jamur. Pengurai ini sangat berperan dalam kehidupan manusia dan kebersihan lingkungan.
2)   Lingkungan Abiotik
Abiotik adalah bukan makhluk hidup atau komponen tak hidup. Komponen abiotik merupakan komponen fisik dan kimia tempat hidup makhluk hidup. Contoh komponen abiotik antara lain suhu, cahaya, air, kelembapan, udara, garam-garam mineral, dan tanah.
c)      Macam-macam Ekosistem
ü Berdasarkan proses terbentuknya, ekosistem dibedakan atas:
1)      Ekosistem alami: ekosistem yang terbentuk secara alamiah tanpa campur tangan manusia. Contoh: rawa, sungai, laut.
2)      Ekosistem buatan: ekosistem yang terjadi dengan bantuan campur tangan manusia. Contoh: danau, waduk, sawah, ladang.
ü  Berdasarkan habitatnya, ekosistem dibedakan menjadi:
1)   Ekosistem daratan: ekosistem yang lingkungan fisiknya berupa daratan. Contoh: hutan, padang rumput, semak belukar, ekosistem tegalan.
2)   Ekosistem perairan: ekosistem yang lingkungan fisiknya berupa perairan. Contoh: ekosistem air tawar, ekosistem air laut.
d)     Organisasi Biotik dalam Ekosistem
Tingkat organisasi makhluk hidup sesuai dengan tujuan ekologi, terdiri dari:
·      Individu: sebutan pada setiap makhluk hidup tunggal. Contoh: sebuah pohon padi, seekor semut, seekor ular.
·      Populasi: kumpulan dari individu yang sejenis atau spesies yang sama dan menghuni areal tertentu. Contoh: populasi tikus, populasi cacing.
·      Komunitas: seluruh populasi yang berinteraksi dan menempati suatu habitat.
·      Ekosistem: suatu kesatuan fungsional antara komponen biotik (makhluk hidup) dan abiotik (lingkungan).
·      Bioma: sekelompok ekosistem daratan pada sebuah benua yang mempunyai struktur dan ketampakan atau fisiognomi vegetasi yang sama.
·      Biosfer: kesatuan ekosistem yang berada di alam semesta.

Dapus :

Herlina, Rose. 2004. Intisari IPA (Biologi) SMP. Jakarta: Kawan Pustaka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar