Psikologi dapat dipelajari secara teoritis dan
praktis. Psikologi yang dipelajari secara teoritis apabila orang dalam
mempelajarinya demi ilmu itu sendiri, tidak dihubungkan dengan soal praktik.
Sedangkan yang praktis, psikologi di pelajari dan dihubungkan dengan yang segi
praktik. Dalam segi yang praktis ini orang mencari jalan bagaimana dapat
mempraktikan psikologi untuk kehidupan sehari-hari. Demikian juga macam-macam
yang termasuk dalam psikologi praktis dapat lebih luas karena dapat diaplikasikan
sesuai bidang yang dikehendaki misalnya dalam bidang pendidikan: psikologi
pendidikan, dalam bidang industry atau perusahaan: psikologi industry atau
psikologi perusahaan, dalam bidang criminal: psikologi criminal dam bidang
jasa: psikologi pelayanan dan sebagainya.
Psikologi menurut Mussen dan Rosenwieg adalah suatu
ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang mind
(pikiran) atau the study of mind,
tetapi dalam perkembangan kata mind berubah
menjadi behavior (tingkah laku)
sehingga psikologi di definisikan sebagai ilmu yang mempelajari tentang tingkah
laku manusia.
Menurut kata asalnya, psikologi berasal dari bahasa
yunani kuno: "ψυχή" (Psychē yang berarti jiwa)
dan "-λογία" (-logia yang artinya ilmu), sehingga secara
etimologis, psikologi dapat diartikan dengan ilmu yang mempelajari tentang
jiwa.
Secara harfiah adalah ilmu yang mempelajari tentang
jiwa psikologi tidak mempelajari jiwa itu secara langsung karena sifatnya yang
abstrak, tetapi psikologi membatasi pada manifestasi dan ekspresi dari jiwa
tersebut, yakni berupa tingkah laku dan proses atau kegiatanya sehingga
psikologi dapat didefinisikan sebagai ilmu pengetahuan yang mempelajari tingkah
laku dan proses mental. Beberapa ahli berbeda pendapat dalam memberikan batasan
psikologi, yaitu sebagai berikut.
1. Fieldman
: psiklogi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang perilaku dan proses
mental.
2. Clifford
T. Morgan : psikologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari perilaku manusia
dan hewan.
3. Gardener
murpgy : psikologi adalah ilmu yang mempelajari respons yang diberikan oleh
makhluk hidup terhadap lingkunganya.
4. Kamus
Psikologi (Chaplin) : psychology as a
science (psikologi sebagai ilmu pengetahuan) adalah ilmu mengenai tingkah
laku manusia dan binatang; studi mengenai organisme dalam segala variasi dan
kompleksitasnya, untuk bereaksi terhadap perubahan yang terus-menerus dan
aliran dari kejadian-kejadian fisik/ragawi dan peristiwa-peristiwa sosial yang
menyusun lingkunganya.
5. Wihelm
Wundt : psikologi adalah ilmu yang mempelajari kesadaran manusia.
6. Woodworth
dan Marquis : psikologi adalah ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia, yang
terlihat maupun yang tidak terlihat meliputi aktivitas fisik, emosional, dan
berpikir.
Psikologi adalah sebuah bidang ilmu
pengetahuan dan ilmu terapan yang mempelajari mengenai perilaku dan fungsi
mental manusia secara ilmiah. Para praktisi dalam bidang psikologi disebut para
psikolog. Para psikolog berusaha mempelajari peran fungsi mental dalam perilaku
individu maupun kelompok, selain juga mempelajari tentang proses fisiologi dan
neurobiologis yang mendasari perilaku.
Perkembangan tidak terbatas pada
pengertian pertumbuhan yang semakin membesar, melainkan di dalamnya terkandung
serangkaian perubahan yang berlansung dimiliki individu menuju ke tahap
kematangan melalui pertumbuhan, pematangan dan belajar. Perkembangan
menghasilkan bentuk-bentuk dan ciri-ciri kemampuan baru yang berlangsung dari
tahap aktivitas yang sederhana ke tahap yang lebih tinggi. Perkembangan itu
bergerak secara berangsur-angsur tapi pasti, yang kian hari kian bertambah
maju, mulai dari masa pembuahan dan berakhir dengan kematian.
· Secara
singkat, perkembangan (development)
adalah proses atau tahapan pertumbuhan kea rah yang lebih maju. Pertumbuhan
sendiri (growth) berarti tahapan
peningkatan sesuatu dalam hal jumlah, ukuran, dan arti pentingnya. Pertumbuhan
juga dapat berarti sebuah tahapan perkembangan ( a stage of development) (McLeod, 1989).
· Menurut
kamus besar bahasa indonesia (1991), “perkembangan” adalah perihal berkembang.
Selanjutnya kata “berkembang” menurut kamus
besar bahasa indonesia ini berarti mekar terbuka atau membentang; menjadi
besar, luas, dan banyak, serta menjadi bertambah sempurna dalam hal
kepribadian,pikiran dan pengetahuan, dan sebagainya. Dengan demikian, kata
‘berkembang’’ tidak saja meliputi aspek yang berarti abstrak seperti pikiran
dan pengetahuan tetapi juga meliputi aspek yang bersifat konkret.
Setelah diketahui tentang batasan
perkembangan maka selanjutnya diuraikan tentang pengertian psikologi perkembangan, yaitu seperti berikut.
· Psikologi
perkembangan ialah suatu ilmu yang merupakan bagian dari psikologis. Dalam
ruang lingkup psikologi, ilmu ini termasuk psikologi khusus, yaitu psikologis
yang mempelajari kekhusan daripada tingkah laku individu
· Psikologi
perkembangan adalah suatu ilmu yang lebih mempersoalkan faktor-faktor umum yang
mempengaruhi proses perkembangan yang terjadi dalam diri pribadi seseorang,
dengan menitikberatkan pada relasi antara kepribadian dan perkembangan.
· Psikologi
perkembangan (psikologi anak) adalah suatu ilmu yang mempelajari tingkah laku
manusai yang dimulai dengan masa-masa bayi,anak pemain,anak sekolah,masa remaja
samapai masa adolense menjelang
dewasa (kartini kartono).
· Psikologi
perkembangan adalah cabang psikologi yang mempelajari perubahan dan
perkembangan struktur jasmani,perilaku,dan fungsi mental manusia yang dimulai
sejak terbentuknya makhluk itu melalui pembuahan hingga menjelang mati (M.
Lenner,1976)
Objek kajian perkembangan adalah
perkembangan manusia sebagai pribadi (FJ. Monk, 2006: 1). Para psikologi juga
tertarik akan masalah seberapa jauhkah perkembangan manusia tadi dipengaruhi
pleh perkembangan masyarakatnya. Membicarakan perkembangan manusia (human development). Adalah membicarakan
hal berikut :
· Suatu
bidang studi bersifat indisipliner yang ditunjukan untuk memahami semua
perubahan yang dialami oleh manusia selama rentang masa kehidupanya.
· Suatu
bidang studi ilmiah, terkait dengan perubahan-perubahan yang disebabkan oleh
pertambah usia, yang makna perubahan tersebut terjadi pada aspek perilaku,pola
piker emosi,dan kepribadian
· Suatu
studi ilmiah yang mempelajari proses bagaimana individu mengalami perubahan
sekaligus melihat bagaimana individu tidak berubah.
· Suatu
studi ilmiah yang melibatkan berbagai disiplin yang mengungkapkan bagaimana
proses perubahan yang terjadi pada manusia, yang disebabkan oleh perubahan atau
pertambahan usia yang terjadi sepanjang rentang kehidupanya, dimana perubahan
pertubahan tersebut mencakup aspek perilaku,pola pikir,emosi, dan kepribadian.
Perkembangan
adalah suatu proses perubahan, yaitu perubahan dari suatu keadaan menjadi
keadaan yang lain, dan ini terjadi pada diri seorang secara terus-menerus
sepanjang hayatnya. Dalam hal ini terdapat perbedaan pendapat dikalangan para
ahli. Masing-masing mengemukakan konsepsi tersendiri, berdarsarkan latar
belakang kelahlian khusus, juga dipengaruhi oleh variasi aliran psikologi yang
mereka ikuti.
· Interdisipliner
artinya bahwa pembahasan tentang human development melibatkan semua bidang yang
mempelajari tentang manusia.
· Studi
ilmiah adalah sebuah studi yang telah teruji, mengikuti tahap-tahap ilmiah dan
dapat dipertanggung jawabkan hasilnya.
· Perkembangan
selalu dikaitkan dengan perubahan yng terkait dengan perubahan usia.
· Sebuah
perilaku yang sama memiliki makna yang berbeda ketika terjadi pada usia yang
berbeda.
Dapus :
Hosnan, M. 2016. Psikologi
Perkembangan Peserta Didik. Bogor: Ghalia Indonesia
Tidak ada komentar:
Posting Komentar