Sabtu, 03 Desember 2016

Pengertian Psikologi Perkembangan



Psikologi dapat dipelajari secara teoritis dan praktis. Psikologi yang dipelajari secara teoritis apabila orang dalam mempelajarinya demi ilmu itu sendiri, tidak dihubungkan dengan soal praktik. Sedangkan yang praktis, psikologi di pelajari dan dihubungkan dengan yang segi praktik. Dalam segi yang praktis ini orang mencari jalan bagaimana dapat mempraktikan psikologi untuk kehidupan sehari-hari. Demikian juga macam-macam yang termasuk dalam psikologi praktis dapat lebih luas karena dapat diaplikasikan sesuai bidang yang dikehendaki misalnya dalam bidang pendidikan: psikologi pendidikan, dalam bidang industry atau perusahaan: psikologi industry atau psikologi perusahaan, dalam bidang criminal: psikologi criminal dam bidang jasa: psikologi pelayanan dan sebagainya.
Psikologi menurut Mussen dan Rosenwieg adalah suatu ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang mind (pikiran) atau the study of mind, tetapi dalam perkembangan kata mind berubah menjadi behavior (tingkah laku) sehingga psikologi di definisikan sebagai ilmu yang mempelajari tentang tingkah laku manusia.
Menurut kata asalnya, psikologi berasal dari bahasa yunani kuno: "ψυχή" (Psychē yang berarti jiwa) dan "-λογία" (-logia yang artinya ilmu), sehingga secara etimologis, psikologi dapat diartikan dengan ilmu yang mempelajari tentang jiwa.
Secara harfiah adalah ilmu yang mempelajari tentang jiwa psikologi tidak mempelajari jiwa itu secara langsung karena sifatnya yang abstrak, tetapi psikologi membatasi pada manifestasi dan ekspresi dari jiwa tersebut, yakni berupa tingkah laku dan proses atau kegiatanya sehingga psikologi dapat didefinisikan sebagai ilmu pengetahuan yang mempelajari tingkah laku dan proses mental. Beberapa ahli berbeda pendapat dalam memberikan batasan psikologi, yaitu sebagai berikut.
1.    Fieldman : psiklogi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang perilaku dan proses mental.
2.    Clifford T. Morgan : psikologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari perilaku manusia dan hewan.
3.    Gardener murpgy : psikologi adalah ilmu yang mempelajari respons yang diberikan oleh makhluk hidup terhadap lingkunganya.
4.    Kamus Psikologi (Chaplin) : psychology as a science (psikologi sebagai ilmu pengetahuan) adalah ilmu mengenai tingkah laku manusia dan binatang; studi mengenai organisme dalam segala variasi dan kompleksitasnya, untuk bereaksi terhadap perubahan yang terus-menerus dan aliran dari kejadian-kejadian fisik/ragawi dan peristiwa-peristiwa sosial yang menyusun lingkunganya. 
5.    Wihelm Wundt : psikologi adalah ilmu yang mempelajari kesadaran manusia.
6.    Woodworth dan Marquis : psikologi adalah ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia, yang terlihat maupun yang tidak terlihat meliputi aktivitas fisik, emosional, dan berpikir.
Psikologi adalah sebuah bidang ilmu pengetahuan dan ilmu terapan yang mempelajari mengenai perilaku dan fungsi mental manusia secara ilmiah. Para praktisi dalam bidang psikologi disebut para psikolog. Para psikolog berusaha mempelajari peran fungsi mental dalam perilaku individu maupun kelompok, selain juga mempelajari tentang proses fisiologi dan neurobiologis yang mendasari perilaku.
Perkembangan tidak terbatas pada pengertian pertumbuhan yang semakin membesar, melainkan di dalamnya terkandung serangkaian perubahan yang berlansung dimiliki individu menuju ke tahap kematangan melalui pertumbuhan, pematangan dan belajar. Perkembangan menghasilkan bentuk-bentuk dan ciri-ciri kemampuan baru yang berlangsung dari tahap aktivitas yang sederhana ke tahap yang lebih tinggi. Perkembangan itu bergerak secara berangsur-angsur tapi pasti, yang kian hari kian bertambah maju, mulai dari masa pembuahan dan berakhir dengan kematian.
·      Secara singkat, perkembangan (development) adalah proses atau tahapan pertumbuhan kea rah yang lebih maju. Pertumbuhan sendiri (growth) berarti tahapan peningkatan sesuatu dalam hal jumlah, ukuran, dan arti pentingnya. Pertumbuhan juga dapat berarti sebuah tahapan perkembangan ( a stage of development) (McLeod, 1989).
·      Menurut kamus besar bahasa indonesia (1991), “perkembangan” adalah perihal berkembang. Selanjutnya kata “berkembang” menurut kamus besar bahasa indonesia ini berarti mekar terbuka atau membentang; menjadi besar, luas, dan banyak, serta menjadi bertambah sempurna dalam hal kepribadian,pikiran dan pengetahuan, dan sebagainya. Dengan demikian, kata ‘berkembang’’ tidak saja meliputi aspek yang berarti abstrak seperti pikiran dan pengetahuan tetapi juga meliputi aspek yang bersifat konkret.
Setelah diketahui tentang batasan perkembangan maka selanjutnya diuraikan tentang pengertian psikologi perkembangan, yaitu seperti berikut.
·      Psikologi perkembangan ialah suatu ilmu yang merupakan bagian dari psikologis. Dalam ruang lingkup psikologi, ilmu ini termasuk psikologi khusus, yaitu psikologis yang mempelajari kekhusan daripada tingkah laku individu
·      Psikologi perkembangan adalah suatu ilmu yang lebih mempersoalkan faktor-faktor umum yang mempengaruhi proses perkembangan yang terjadi dalam diri pribadi seseorang, dengan menitikberatkan pada relasi antara kepribadian dan perkembangan.
·      Psikologi perkembangan (psikologi anak) adalah suatu ilmu yang mempelajari tingkah laku manusai yang dimulai dengan masa-masa bayi,anak pemain,anak sekolah,masa remaja samapai masa adolense menjelang dewasa (kartini kartono).
·      Psikologi perkembangan adalah cabang psikologi yang mempelajari perubahan dan perkembangan struktur jasmani,perilaku,dan fungsi mental manusia yang dimulai sejak terbentuknya makhluk itu melalui pembuahan hingga menjelang mati (M. Lenner,1976)
Objek kajian perkembangan adalah perkembangan manusia sebagai pribadi (FJ. Monk, 2006: 1). Para psikologi juga tertarik akan masalah seberapa jauhkah perkembangan manusia tadi dipengaruhi pleh perkembangan masyarakatnya. Membicarakan perkembangan manusia (human development). Adalah membicarakan hal berikut :
·      Suatu bidang studi bersifat indisipliner yang ditunjukan untuk memahami semua perubahan yang dialami oleh manusia selama rentang masa kehidupanya.
·      Suatu bidang studi ilmiah, terkait dengan perubahan-perubahan yang disebabkan oleh pertambah usia, yang makna perubahan tersebut terjadi pada aspek perilaku,pola piker emosi,dan kepribadian
·      Suatu studi ilmiah yang mempelajari proses bagaimana individu mengalami perubahan sekaligus melihat bagaimana individu tidak berubah.
·      Suatu studi ilmiah yang melibatkan berbagai disiplin yang mengungkapkan bagaimana proses perubahan yang terjadi pada manusia, yang disebabkan oleh perubahan atau pertambahan usia yang terjadi sepanjang rentang kehidupanya, dimana perubahan pertubahan tersebut mencakup aspek perilaku,pola pikir,emosi, dan kepribadian.
Perkembangan adalah suatu proses perubahan, yaitu perubahan dari suatu keadaan menjadi keadaan yang lain, dan ini terjadi pada diri seorang secara terus-menerus sepanjang hayatnya. Dalam hal ini terdapat perbedaan pendapat dikalangan para ahli. Masing-masing mengemukakan konsepsi tersendiri, berdarsarkan latar belakang kelahlian khusus, juga dipengaruhi oleh variasi aliran psikologi yang mereka ikuti.
·      Interdisipliner artinya bahwa pembahasan tentang human development melibatkan semua bidang yang mempelajari tentang manusia.
·      Studi ilmiah adalah sebuah studi yang telah teruji, mengikuti tahap-tahap ilmiah dan dapat dipertanggung jawabkan hasilnya.
·      Perkembangan selalu dikaitkan dengan perubahan yng terkait dengan perubahan usia.
·      Sebuah perilaku yang sama memiliki makna yang berbeda ketika terjadi pada usia yang berbeda.
Dapus :
Hosnan, M. 2016. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bogor: Ghalia Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar