Sabtu, 31 Desember 2016

ESENSI SERAGAM BAGI MAHASISWA FKIP


ESENSI SERAGAM BAGI MAHASISWA FKIP
Seperti halnya yang terjadi di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), ada peraturan-peraturan yang harus diikuti mahasiswa.
Penerapan seragam, apakah akan mengekang kebebasan mahasiswa dalam berpakaian?
Tujuan dari Penyeragaman ini mendukung pembangunan karakter bagi mahasiswa. Dengan memakai seragam, mahasiswa akan sadar akan profesinya kelak, yakni menjadi seorang guru atau pengajar. Sepintas berseragam melunturkan kesenjangan sesama status sosial antara mahasiswa satu dengan lainnya.
Dengan diterapkannya seragam khususnya di lingkungan FKIP, merupakan identitas baru dan memberi nuansa berbeda dari fakultas yang lain. Dari sudut pandang orang lain, berseragam akan lebih terlihat sopan dan tertib.
Setiap orang tentu memiliki pikiran dan sudut pandang yang beragam. Baiknya kita harus sependapat dan berfikir kedepan. Maksudnya, berseragam itu setidaknya memberi pelajaran pada calon guru sebelum mereka menjalankan profesi sesungguhnya. Disisi lain, guru harus mencitrakan diri sebagai panutan di mata peserta didik. Artinya, segala sikap dan perilaku guru tercermin atas profesi yang disandangnya. Istilah kata Guru dalam bahasa Jawa, digugu (dihormati) dan ditiru (diikuti). Sehingga anak didik dapat menilai dari penampilan gurunya. Guru sebagai pendidik, pengajar, dan pembimbing akan memberi contoh baik kepada para muridnya. Dengan adanya penerapan seragam bagi mahasiswa di FKIP, sangat mendukung proses pembelajaran bagi profesi mahasiswa calon guru.
Jati diri guru ataupun guru adalah pendidik. Apa jadinya kalau seorang guru tidak menggunakan berpakian rapi? Kita dapat melihat seorang guru yang tidak kompak dan konsisten. Setiap peserta didik tidak mempunyai motivasi dalam belajarnya, dikarenakan penampilan sebagai calon guru tak mendukung.

Kiprah guru dalam mencerdaskan anak bangsa sangatlah besar. Besarnya pengaruh guru terhadap proses belajar mengajar, tergantung juga pada kualitas dan kompetensi calon guru. Peratuan memakai seragam perlu didukung karena terdapat unsur edukasi bagi mahasiswa. Dengan memakai seragam, maka, akan membatasi mahasiswa FKIP dalam mengenakan mode pakaian yang tidak sesuai dengan kepribadian calon guru.

1 komentar:

  1. Let me tell you something...

    This may sound a little weird, and maybe even kind of "out there"....

    BUT what if you could simply press "PLAY" to listen to a short, "miracle tone"...

    And suddenly bring MORE MONEY into your life???

    And I'm talking about hundreds... even thousands of dollars!

    Think it's too EASY??? Think something like this is not for real???

    Well then, I've got news for you...

    Sometimes the most magical miracles in life are the EASIEST!

    In fact, I will provide you with PROOF by allowing you to PLAY a real-life "miracle abundance tone" I developed...

    YOU simply hit "PLAY" and the money will start coming into your life... it starts right away...

    GO here NOW to PLAY the marvelous "Miracle Abundance TONE" as my gift to you!

    BalasHapus