Minggu, 25 Desember 2016

CARA MENEMUKAN YANG TERBAIK DALAM DIRI

TIP
CARA MENEMUKAN YANG TERBAIK DALAM DIRI
(the best in me)

            Metode ini disebut juga dengan teknik LANDAK, sebuah cara sederhana namun efektif untuk menemukan the best in me anda masing-masing, menemukan yang terbaik dalam diri anda – sehingga memudahkan untuk menjadi yang terbaik.
1.    Buatlah daftar kelebihan dan kekurangan anda sejauh yang bisa diingat berdasarkan pengamatan atau pengalaman anda sendiri, tapi bisa dilengkapi oleh pengamatan orang lain terhadap anda selama ini. Metode kontras (kelebihan vs kekurangan). Ini berguna untuk lebih bisa menemukan yang terbaik dalam diri anda (the best in me) di bidang atau dimensi apapun (talenta, kepribadian, kompetensi, pekerjaan saat ini, networking, dll). Misalnya: anda merasa lebih dalam hal memimpin, dan kurang dalam hal mengontrol. Lebih dalam hal ketegasan dan kurang dalam hal hubungan antara manusia, dst.
2.    Selanjutnya, lakukan perenungan dan analisa, kelebihan-kelebihan apakah yang bisa membawa anda menjadi yang terbaik di dunia (lingkungan)
3.    Sedangkan kelebihan-kelebihan yang menurut anda tidak bisa membuat anda menjadi yang terbaik, anda pinggirkan dan simpan saja, kalau perlu – buang.
4.    Kelompokkan kelebihan-kelebihan yang bisa membuat anda jadi yang terbaik itu menjadi satu atau dua saja sebagai the best in me (yang terbaik) dalam diri anda!.
5.    Rasakan, apakah anda bergetar ketika membayangkan the best in me anda itu mewujud. Lahirkah suka cita, ketika anda mencoba merasakan the best in me anda itu anntinya mewujud dalam hidup anda, adakah PASION yang muncul dengan yang terbaik dalam diri anda sendiri itu? Jika jawabannya ya, berarti anda “bergairah” dengan yang “terbaik” dalam diri anda tersebut. Lebih tegas lagi, dengan the best in me yang menggairahkan itu -  berarti anda telah menjawab: “dalam hal apa anda akan menjadi yang terbaik di dunia ini.- sesuai dengan konsep landak!

6.    Sejak saat ini, mulailah fokuskan diri anda dengan yang terbaik itu, beri perhatian lebih pada yang terbaik itu. INGAT, RUMUSNYA SEDERHANA, APAPUN DAN SIAPAPUN YANG DIBERI PERHATIAN, DIA AKAN MEMBERIKAN KEMBALI SESUATU YANG ISTIMEWA PADA ANDA – TERMASUK YANG TERBAIK ITU SENDIRI.

Dapus: Tjahjono, Herry.2011. The Possibler (Rahasia Menaklukan KeTIDAKmungkinan). Yogyajarta: Kanisius

Tidak ada komentar:

Posting Komentar