Sabtu, 17 Desember 2016

Mengapa Komunikasi Positif Penting Bagi Anak

Mengapa Komunikasi Positif Penting Bagi Anak

Perkembangan kepribadian anak yang positif dipengaruhi oleh berbagai factor. Salah satunya adalah pola komunikasi orang tua terhadap anaknya. Bagaimana cara orang tua berkomunikasi dengan anaknya menentukan cara anak berkomunikasi dengan lingkungannya. Jika pola komunikasi orang tua buruk, maka dampak negative akan dirasakan oleh anaknya. Diantaranya mendorong munculnya kepribadian anti social, dependen, dan minder pada anak.
Penelitian terhadap anak yang minder menjelaskan bagaiamana orang tua sering menyampaikan pesan negative terhadap anaknya. Seperti dengan mengatakan “mana mungkin kamu bias”… “sudahlah kamu tidak usah bermimpi”….”kamu itu tidak bias diandalkan”…. “kamu itu selalu salah, apa sih yang mampu kamu kerjakan dengan baik?”. Akibatknya, anak merasa tidak didukung oleh orang tuanya, akibatnya, anak merasa tidak didukung oleh orang tuanya. Yang lebih parah lagi, orang tua meyakinkan anaknya bahwa ia tidak mampu, bukan anka yang pintar, dan bahkan orang tua menilai anaknya tidak berguna.

Mengapa pola komunikasi negative antara orang tua dengan anaknya bias terjadi? Banyak penyebab mengapa pola komunikasi negative sering dilakukan oleh orang tua terhadap anaknya. Salah satunya, Karena ketidak tahuan orang tua untuk berkomunikasi positif dengan anaknya. Akibatnya, orang tua banyak melakukan kesalahan dalam menerapkan pola komunikasi untuk mendidik anaknya. Jika hal ini sering terjadi, tentu banyak akibat negative yang akan dirasakan oleh anak maupun orang tua. Oleh sebab itu, kita harus selalu memberikan contoh yang baik kepada anak, karena apa yang kita lakukan pasti akan ditiru da berbekas pada diri anak, jika kita berbuat baik, maka kebaikanlah yang tertanam pada diri anak, jika komunikasi kita dengan anak negative, maka itulah yang akan ditiru oleh anak.

Dapus: Ramadhani, Safitri. 2008. The Art Of Positive Communication. Bnatul: Gedongan Baru

Tidak ada komentar:

Posting Komentar