Kamis, 01 Desember 2016

Aspek dan faktor yang mempengaruhi perkembangan peserta didik



1.      Pertumbuhan fisik
Pertumbuhan fisik manusia merupakan proses perubahan menjadi lebih besar dan lebih panjang dan terjadi sejak anak sebelum lahir hingga dewasa.
a.       Pertumbuhan sebelum lahir
Masa sebelum lahir merupaakan pertumbuhan dan perkembangan manusia yang sangat kompleks, karena pada masa itu merupakan sebuah awal terbentuknya organ-organ tubuh dan tesusun jaringan syaraf yang membentuk sistem syaraf yang lengkap.
b.      Pertumbuhan setelah lahir
Setiap bagian fisik seseorangan atau individu akan terus akan terus mengalami perubahan karena pertumbuhan, sehingga masing-masing komponen tubuh akan mencapai tingkat kematangan untuk menjalankan fungsinya.
Pertumbuhan fisik seseorang anak dapat dibagi menjadi empat masa utama : dua masa ditandai dengan pertumbuhan yang cepat dan masa berikutnya dicirikan dengan pertumbuhan yang lambat. Selama masa pra lahir dan 6 bulan setelah lahir , pertumbuhnya cepat pata akhir tahun pertama kehidupanya pasca lahirnya, pertumbuhan seorang bayi akan memperlihatkan tempo yang sedikit lambat dan kemudian menjadi stabil saat anak memasuki tahap remaja atau tahap kematangan kehidupan seksualnya. Hal ini dapat dimulaikan ketika anak memasuki usia 8 sampai 12 tahun. Mulai saat itu, hingga ia berumur 15 atau 16 tahun, pertubuhan fisiknya akan cepat kembali dan biasanya masa ini disebut ledakan pertumbuhan pubertas.
2.      Perkembangan intelektual
Perkembangan ini menurut piaget mengikuti tahap-tahap sebagai berikut
a.       Tahap sensori motor (0-2 setengah tahun)
Masa ketika bayi memenggunakan sistem penginderaan dan aktivitas motoric untuk mengena lingkunganya. Bayi menggunakan reaksi motoric atau Rangsangan-rangsangan yang diterimanya dalam bentuk reflex (reflex mengenyut putting susu ibu, reflex menangis dan lain-lain) reflex ini kemudia berkembang lagi lebih canggi yaitu berjalan
b.      Tahap pra-operasional ( usia 2-7 tahun)
Pada tahp ini kemampuan skema kognitifnya masih terbatas. Peserta didik suka meniru perilaku orang lain. Perilaku yang dituri terutama perilaku orang lain, khususnya orang tua dan guru yang pernah ia lihat ketika orang itu merespons terhadap perilaku orang, keadaan dan kejadian yang dihadapi masa lampau.
c.       Tahap operasional konkret ( usia 7-11 tahun)
Pada tahap ini, peseta didik sudah mulai memahami aspek-aspek kumulatif materi, misalnya volume jumlah mempunyai kemampuan memahami cara mengkombinasi bebrpa golongan benda yang bervariasi tingkatanya.
d.      Tahap operasional formal (11-15tahun)
Pada tahap ini, peserta didik sudah menginjak usia remaja, pekembangan kognitif peserta didik pada tahap ini telah memiliki kemampuan mengkordinasikan dua ragam kognitif, baik secara stiimulan (serentak) maupun berurutan.
3.      Emosi
Emosi dan perasaan merupkan salah satu potensi yang khusus dimiliki oleh manusia dalam hidupnya atau dalam pertumbuhanya dan perkembangan manusia. Dalam hidupnya atau dalam proses pertumbuhan dan perkembangan manusia, banyak hal yang dibutuhkanya. Kebutuhan setiap orang dapat dibedakan menjadi dua kelompok besar, yaitu kebutuhan jasmani dan kebutuhan rohani. Kebetuhan tesebut ada yang primer, yaitu kebutuhan yang tidak dapat ditunda dan ada yang skunder yaitu kebutuhan yang dapat ditunda,
4.      Sosial
Manusia sebagai makhluk sosial yang dalam keadaanya tentu tidak dapat hidup tanpa bantuan dari manusia lain, oleh karena itu mulai dari seorang bayi menjadi seorang anak hingga menjadi oran dewasa, akan bertahap mengenal lingkungan yang lebih luas dan akan mengenal manusia yang homogen, namun umumnya setiap anak akan membentuk kelompok sebaya yang sama jenis.
5.      Bahasa
Bahasa sebagai alat komunikasi juga dapat diartikan sebagai tanda,gerakan, dan suara menyampaikan isi pikiran kepada orang lain, dengan demikian dalam berbahasa ada dua pihak yang terlibat,yaitu pihak penyampain ddan pihak penerima. Dalam percakapan atau dalam berdialog pihak-pihat itu salingg bergantian funsinya.
6.      Bakat khusus
Bakat merupakan kemampuan tertentu yang dimiliki oleh seorang individu yang hanya dengan Rangsangan atau sedikit latihan, kemampuan itu akan dapat berkembang dengan baik. Pada mulanya bakat merupakan hal yang amat penting berkaitan dengan masalah-masalah tugasa dan pekerjaan  namun, akhirnya pendidikan juga mempertimbangkan masalah bakal tersebut sehubungan dengan fungsi pendidikan itu untuk mempersiapkan peserta didk untuk memasuki dunia kerja.
7.      Sikap, sosial, moral
Bloom mengemukakan bahwa tujuan akhir dari proses belajar dikelompokan menjadi tiga sasaran, yaitu kognitif,afektif, dan psikomotor. Semakin tumbuh dan berkembang fisik dan psikisnya anak mulai dikenalkan terhadap nilai-nilai, ditunjukan hal-hal yang benar dan salah. Menurut piaget pada awalnya pengenalan nilai dan perilaku serta tindakan itu masih bersifat “paksaan”, dan belum mengetahui maknanya.
Faktor yang mempengaruhi individu berbeda-beda anatara yang satu dengan yang lain yaitu ada tiga faktor : faktor lingkungan, heriditas, dan faktor gabungan
a.       Faktor heriditas
Faktor heriditas dipahami sebagai faktor bawaan yang dibawa anak dari orang tuanya. Anak mewariskan sesuatu dari orang tuanya. Anak berkembang baik secar fisik maupun psikis bukan karena pengaruh diri yang lain, akan tetaoi ditentukan oleh pembawaanya sendiri. Lingkungan tidak memberikan pengaruh apa-apa pada anak.
b.      Faktor lingkungan
Faktor lingkungan memberikan pengaruh terhadap perkembangan individu. Anak yang mendapatkan stimulus lingkungan yang baik akan berkembang dengan baik. Aliran yang tekenal adalah aliran empirisme.
c.       Faktor gabungan
Aliran ini disebut aliran konvergensi. Seorang bakat atau potensi tetang music atau olahraga tanpa dukungan atau stimulus yang baik atau sarana yang memadai tentu tidak kan berkembang dengan baik, sebaliknya jika seorang hidup dikeluarga yang ahli music atau seoran politiikus mislnya tidak akan seperti keluarga itu jika potensi dan bakatnya dibidang tertentu. 

Dapus : Hosnan, M. 2016. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bogor: Ghalia Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar